Selasa, 03 Mei 2011

siapa itu jerawat ?









  Jerawat adalah kondisi kulit yang tidak normal dimana terjadi infeksi dan radang pada kelenjer minyak disekitar kulit. Jerawat pada wajah adalah pertama yang terkena debu dan kotoran sehingga sering timbul jerawaat.
  Jerawat terbagi menjadi dua jenis yaitu, komedo genik dan acne pustule. Komedo genik adalah jenis jerawat kecil. Jenis jerawat inilah yang banyak diderita oleh remaja pada umumnya. Sedangkan  acne pustule jenis jerawat yang besar dan timbulnya nanah didalamnya, jerawat ini timbul karena kuman propionik acne. Banyaknya kuman-kuman ini merajalela dan menimbulkan jerawat. Untuk menghindari ini maka jagalah kebersihan wajah.
 Banyak penyebab timbulnya jerawat diantaranya yaitu, faktor ginetik, ketidak seimbangan hormon pada tubuh, alergi terhadap makanan tertentu,makan makanan yang mengandung minyak dan lemak (gorengan, kari,santan,dsb.), makanan panas dan makanan pedas, depresi (stres) atau tekanan psikologis, kurang mengkonsumsi air putih, ruang yang berpolusi dan aktivitas tangan yang kotor, konsumsi pil KB, diet berlebih, narkoba, dan masih banyak lagi.
  Penyakit jerawat banyak ditemukan pada usia remaja karena pada usia remaja tubuh kita lebih banyak memproduksi hormon, juga memproduksi minyak yang berlebihan pada kulit terutama pada daerah wajah yang menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit yang menimbulkan jerawat.
·        Banyak orang tidak menyadari bahwa depresi (sters) adalah salah satu penyebab  timbulnya jerawat. Mengapa demikian? Karena stres dapat menyebabkan produksi hormon seperti kortisol, yang dapat memperburuk kondisi jerawat. Stres mempengaruhi kadar hormon ini bertambah. Maka kelenjer minyak memproduksi minyak berlebihan sehingga terjadi jerawat.
·        Banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak dapat membantu wajah memproduksi minyak dan lemak yang banyak pula. Makanan-makanan seperti itu akan menganggu peredaran darah pada tubuh, jadi proses detoxitasi tidak bisa berjalan dengan lancar. Produksi minyak dan lemak pada wajah menimbulkan komedo, komedo yang tekena bakteri dan debu inilah salah satu proses terjadinya jerawat.
·        Ruang yang berpolusi juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Mengapa? Karena polusi, kotoran, debu, dan semacamnya menempel pada kulit bersama dengan minyak yang dihasilkan oleh kulit, bakteri dan kotoran tersebut bereaksi membentuk jerawat pada wajah. Jerawat timbul akibat penumpukan kotoran di pori- pori kulit yang terlalu lama sehingga “mengundang” bakteri datang dan menginfeksi.
·        Mengkonsumsi air putih sangat banyak manfaatnya, termasuk mencegah timbulnya jerawat. Konsumsilah air putih minimal dua gelas air setiap satu jam atau mengonsumsi air lebih banyak sebelum melakukan aktivitas fisik yang sudah direncanakan. Kemudian, lanjutkan latihan Anda lalu minumlah dua gelas lagi. Minum air putih yang cukup juga merupakan kiat agar jerawat enggan muncul diwajah anda. Proses detoxitasi akan berjalan teratur, jadi darah-darah kotor yang ada dalam tubuh bisa terbuang.
Kesimpulannya :
  Masih banyak lagi penyebab timbulnya jerawat. “lebih baik mencegah dari pada mengobati.” Kata-kata itu sangat tepat untuk kita lakukan dalam melakukan apapun. Sebaiknya kita rajin membersihkan wajah setelah beraktivitas diluar rumah (ditempat yang berpolusi, berdebu) maupun bekas make-up. Lakukan dengan rutin perawatan-perawatan yang anda lakukan, baik yang menggunakan cream ataupun tradisional. Semoga penjelasan diatas sangat bermanfaat .

Trima kasih :*
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar