Selasa, 03 Mei 2011

manfaat es batu pada wajah





  Selain  menyegarkan tenggorokan saat cuaca sangat panas, ternyata Es batu sangat bermanfaat bagi kulit wajah atau lebih tepatnya perawatan pada wajah. Jangan takut kalau dengan memberikan es batu pada wajah akan membuat darah kita membeku justru es batu berperan penting didalamnya karena dia memperkecil pori-pori sehingga lemak/minyak tidak mudah menembus dindingnya dan memperlancar peredaran darah.
  Beberapa penelitian menyatakan bahwa es batu memiliki beberapa manfaat. Ini sangat bagus bagi anda yang ingin mencegah timbulnya komedo. Taukah anda komedo itu apa? Datangnya dari mana?.
   Komedo terjadi akibat timbunan sel kulit mati, minyak atau sisa make-up yang tidak bersih dan akhirnya menyumbat pori-pori wajah menimbulkan komedo. Komedo biasanya bermunculan di area T wajah, yaitu dahi dan hidung yang produksi minyaknya banyak. Komedo adalah tahap awal terjadinya jerawat. Jika tumpukan komedo terkena bakteri akan terjadi pembengkakan dan timbullah jerawat.
  Komedo sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu, whitehead dan blackhead. Whitehead merupakan kumpulan minyak dan lemak kulit yang mengeras berwarna putih kekuningan. Sedangkan blackhead adalah whitehead yang terkena tumpukan debu (kotoran) dan bakteri.  
  Sifat es batu yang dingin dapat berfungsi sebagai tonning efect yakni menyegarkan sekaligus mengencangkan kulit wajah, menutup pori-pori.
Jika pori-pori tidak terbuka dengan lebar, maka tidak ada peluang bagi minyak untuk memproduksi (keluar) sehingga tidak timbul komedo.
Selain itu wajahpun lebih halus dan kenyal. Namun sebelum menggunakan es batu, terlebih dahulu wajah dibersihkan.
  Setelah itu kompres dengan air hangat yang gunanya membuka pori-pori, agar kotoran di wajah bisa terangkat. Dan untuk menutup kembali pori-pori wajah agar tidak membesar, anda cukup menggosokan dan lakukan pemijatan dengan menggunakan es batu keseluruh permukaan wajah.*
  Selain itu es batu dapat di gunakan untuk menyegarkan mata yang sembab dan bibir yang kering. Es batu isa juga menjadi pelembab bibir, lumati es batu pada permukaan bibir anda seebelum mengoleskan lipstik, maka anda akan mendapatkan kondisi bibir yang lembut dan halus.

*untuk perawatan wajah lakukan 1 minggu sekali atau 2-3 minggu sekali.

semoga bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar